PT. INDOMOBIL MULTI TRADA - KARAWACI

Jln. Raya Binong No 9 Binong - Tangerang 15810

Menu

Pergi di Malam yang Cerah? Jangan Menyalakan Fog Lamp

Kamis, Februari 21st 2019.

Menyalakan fog lamp saat malam hari rasanya sering dilakukan oleh banyak orang. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memberikan penerangan yang maksimal, terlebih saat melewati jalanan yang gelap. Tapi, tahukah Anda ternyata foglamp yang menyala pada malam hari yang cerah bisa menimbulkan bahaya? Untuk mengetahui bahayanya, penting bagi kita untuk mengetahui apa fungsi dari fog lamp terlebih dahulu.

menyalakan fog lamp

Jenis dan Fungsi Fog Lamp

Fog lamp banyak dijumpai di berbagai mobil keluaran terbaru. Banyak orang yang mengenal fog lamp sebagai lampu kabut. Pada umumnya, lampu ini memiliki dua jenis, yaitu:

1. Rear fog lamp (lampu kabut belakang)

Lampu ini terpasang di bagian belakang mobil atau lebih tepatnya ada di bumper, baik sisi kiri maupun kanan.

2. Front fog lamp (lampu kabut depan)

Lampu ini biasanya dipasang di bumper depan bagian bawah sisi kanan dan kiri.

Fungsi dari kedua jenis fog lamp tersebut pada dasarnya sama, hanya saja arahnya yang berbeda dimana satunya mengarah ke depan dan lainnya mengarah ke belakang. Tujuan dari penyematan fitur ini adalah untuk memudahkan pengemudi melihat jalanan dengan jelas, meskipun dalam kondisi berkabut ataupun hujan yang lebat. Namun, jika saat itu tidak terjadi hujan atau tidak ada kabut, maka disarankan untuk tidak menyalakan fog lamp.

Jika dilihat dari namanya saja sudah jelas bahwa fog lamp hanya diperuntukkan bagi kondisi tertentu, seperti hujan di malam hari atau kabut yang menutupi pandangan mata pengemudi, barulah diperlukan bantuan fog lamp.

Bahaya Menyalakan Fog Lamp saat Malam Cerah

Ciri khas dari fog lamp adalam memiliki sorotan melebar daripada pendaran cahaya lampu utama yang lebih ke arah depan. Cahaya yang dihasilkan pun akan lebih terang dengan jarak pencahayaan yang tidak begitu jauh.

Apabila fog lamp dinyalakan saat malam cerah, bisa menyebabkan paparan fog lamp, baik depan ataupun belakang mengganggu pandangan pengemudi menjadi kurang jelas atau silau. Hal ini tidak hanya membahayakan diri sendiri, melainkan juga orang lain yang berlawanan arah ataupun seiring dengan mobil kita.

Bahaya akan lebih besar jika fog lamp diletakkan dengan tidak presisi sehingga paparan lampu menjadi begitu tajam dan sangat mengganggu pandangan pengemudi mobil. Jadi, ketika kondisi malam tidak hujan atau tidak berkabut, akan lebih baik jika Anda mematikan fog lamp, baik depan maupun belakang untuk menghindari bahaya ini.

Tips penggunaan fog lamp ini haruslah diperhatikan benar oleh para pecinta mobil Suzuki agar dapat berkendara dengan aman dan nyaman. Selain bahaya menyalakan fog lamp, berbagai tips berkendara aman akan Anda dapatkan, bila Anda menghubungi atau mengunjungi Dealer Suzuki kami yang berada di Karawaci.

Mobil Terbaru

Best Seller
Limited

Related Article Pergi di Malam yang Cerah? Jangan Menyalakan Fog Lamp

Senin 31 Desember 2018 | Berita & Promo Suzuki, Lain - Lain

  Teknik Mengerem Mobil Penting untuk Diketahui Ketika berkendara, keselamatan merupakan hal terpenting. Sadar akan hal itu, sebagai berkendara kita harus mengetahui beberapa teknik berkendara…

Sabtu 23 Februari 2019 | Lain - Lain

Bagi Anda yang ingin membeli mobil Suzuki baru di dealer tentu perlu untuk memperhatikan pemilihannya dengan baik. Kualitas mobil tentu menjadi pertimbangan utama yang harus…

Rabu 20 Februari 2019 | Lain - Lain

Suzuki merupakan salah satu merek ternama di Indonesia yang bisa Anda pilih dan varian Suzuki Ignis sangat cocok bagi Anda yang ingin membeli mobil baru.…