PT. INDOMOBIL MULTI TRADA - KARAWACI

Jln. Raya Binong No 9 Binong - Tangerang 15810

Menu

Perbedaan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Dengan Versi Bensin

Sabtu, Maret 18th 2017.

Perbedaan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Dengan Versi Bensin

Mengawali Tahun 2017  Suzuki Indomobil Sales (SIS) siap meluncurkan Ertiga diesel berteknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) di Tanah Air. Selain perbedaan sistem penggerak, varian baru MPV sejuta umat Suzuki ini juga punya perbedaan dari versi bensin yang sudah ada di pasar.

Direktur Marketing 4W SIS menjelaskan bahwa Perbedaan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Dengan Versi Bensin tetap ada meskipun dari kasat mata tidak akan terlalu terasa. “Produknya CBU India, jadi beda di interior. Contohnya, nanti akan ada gear shift indicator pada instrument cluster-nya,” ucap Donny. Gear shift indicator sendiri bukan merupakan sesuatu yang baru, pada beberapa mobil modern fitur ini sudah menjadi perangkat standar. Fungsinya sebagai petunjuk posisi transmisi saat berkendara.

Nama fixed untuk Ertiga ini akhirnya adalah ” New Ertiga Diesel Hybrid ”

bukan “Ertiga Diesel”, bukan “Ertiga Hybrid”, bukan “Ertiga Diesel SHVS”. Sebelumnya harus kami luruskan, meski mengandung nama Hybrid di belakang, Ertiga Diesel ini mengusung sistem mild hybrid, bukan hybrid sejati seperti Toyota Prius misalnya. Selain perbedaan jelas jantung D13A dengan ISG dan baterai 70 Ah yang tertanam di balik kap mesin dibandingkan versi bensinnya dengan mesin K14B, Suzuki Ertiga Diesel Hybrid juga menyimpan beberapa perbedaan mendasar dibanding versi mesin bensinnya atau yang disebut New Ertiga.

Suzuki mengklaim, mobil terbarunya itu cukup memiliki konsumsi bahan bakar cukup irit di kelasnya. Sebab, telah mengusung mesin diesel semi hibrida yang dikombinasikan dengan sistem Integrated Starter Generator (ISG). Menurut Head of Brand Development & Marketing Research 4W, Harold Donnel, New Ertiga Diesel Hybrid memiliki perbedaan cukup banyak dengan model bensin sebelumnya seperti GX, GL, dan GS. “Perbedaannya cukup banyak, selain mesin yang sudah menganut diesel dan juga dilengkapi teknologi hybrid, diubah juga bagian interior dan eksteriornya,” ungkap Harold. Berikut detailnya Perbedaan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Dengan Versi Bensin.

Perbedaan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Dengan Versi Bensin

Perbedaan Suzuki Ertiga Diesel VS Bensin (Eksterior)

Pertama dari segi eksterior, Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu Superior White, Silky Silver Metallic dan Granite Grey Metallic. Warna terakhir tersebut, berbeda dengan varian bensinnya yang disebut Graphite Grey Metallic, dengan tampilan yang sedikit lebih gelap dan elegan pada Granite Grey Metallic varian Diesel Hybridnya.

Pilihan Warna Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid

Untuk bagian eksterior misalnya, Harold menjelaskan, terdapat headlamp with leveling feature yang dapat diatur secara manual. “Iya, jadi level headlamp bisa diatur tinggi rendahnya secara manual, dan ini tentu menjadikan daya jelajah berkendara lebih baik lagi.”

Selain itu, ada juga tambahan enam emblem baru yang terdapat di bagian belakang mobil dan juga real defogger yang dapat membantu dalam meminimalisir kadar embun.

Perbedaan Suzuki Ertiga Diesel VS Bensin (Interior)

Sementara itu, untuk bagian interior, terdapat power window auto down yang tersimpan di bagian sopir dan tambahan dua tweeter di bagian depan. “Ada juga SHVS switch on/off yang digunakan untuk mengaktifkan fitur idle start stop system (ISS) yang bisa hidup dan mati secara otomatis,” katanya. Sedangkan, untuk layar multi information display (MID), terdapat indikator pengaturan transmisi mobil yang dimaksudkan untuk memberikan saran bagi pengguna dalam memindahkan gigi secara manual. “Betul, jadi saat posisi gigi tiga misalnya, harusnya sudah dipindah ke gigi empat, dia akan secara otomatis memberikan saran untuk naik, kalau tandanya naik panah ke atas dan ke bawah harus diturunkan,” ujarnya.

Sedangkan jika gambarnya berbentuk bulat, pemilik disarankan untuk tetap mempertahankan posisi gigi yang sedang dijalankan. “Ada juga Air Conditioner (AC) heater. Jadi walaupun nanti ke tempat dingin, nanti fitur itu bisa digunakan,” tuturnya.

Tambahan lainnya, yaitu terdapat fitur Night Mirrors yang dapat membantu pengemudi dalam kondisi gelap di malam hari.

Pada sektor keamanan, Suzuki telah melengkapi New Ertiga Diesel Hybrid denga sensor parkir di empat titik belakang, serta sistem rem ABS, EBD, Dual SRS Airbag. Untuk dimensi, Harold mengungkapkan, masih tetap sama dengan model bensin. Namun, yang menjadi pembeda yaitu adanya bobot tambahan sekira 80 kilogram di mesin diesel.

Hanya ada satu pilihan transmisi yang ditawarkan pada Ertiga Diesel Hybrid, manual. New Ertiga Diesel hadir dengan pembenaman mesin diesel hybrid berkode D13A dengan kapasitas mesin 1.300cc DOHC, ditambah dengan teknologi Diesel Direct Injection System (DDiS). Mesin ini diklaim sanggup mengeluarkan tenaga hingga 89 PS pada rpm 4.000 dan torsi 200 Nm pada rpm 1.750.

Harga Ertiga Diesel Hybrid untuk Jabodetabek dibanderol Rp 219.500.000,- dengan status On The Road Dengan adanya varian baru ini, Ertiga secara langsung memiliki lima tipe berbeda, yaitu GA, GL, GX, Dreza dan Diesel Hybrid.

Mobil Terbaru

Best Seller

Related Article Perbedaan Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Dengan Versi Bensin

Jumat 22 Februari 2019 | Berita & Promo Suzuki

Hadirnya Suzuki Celerio sebagai produk unggulan membuat persaingan segmen city car semakin ketat. Saat ini, Suzuki telah meluncurkan Celerio di India dan tengah berencana untuk…

Selasa 27 Desember 2016 | Berita & Promo Suzuki, Berita Suzuki

Melbourne – Setelah resmi menghadirkan Suzuki Ignis di Inggris pada awal bulan ini, kini Suzuki mengumumkan banderol harga mobil untuk pasar Australia. Di negara tetangga,…

Minggu 3 Juni 2018 | Berita & Promo Suzuki, Lain - Lain

Pastikan Kawal Perjalanan Mudik dengan ASIK, SUZUKI SIAPKAN POSKO MUDIK 2018 Dealer Suzuki Karawaci – Data Kementerian Perhubungan RI prediksikan bahwa jumlah pemudik tahun 2018 mengalami…