PT. INDOMOBIL MULTI TRADA - KARAWACI

Jln. Raya Binong No 9 Binong - Tangerang 15810

Menu

Mengenal Jenis Cairan Mobil untuk Performa yang Lebih Optimal

Senin, Maret 11th 2019.

Tidak banyak yang tahu apa saja jenis cairan mobil yang dibutuhkan agar performanya bisa lebih optimal. Seperti halnya tubuh manusia yang memiliki berbagai cairan di dalam tubuh. Mobil juga memiliki berbagai jenis cairan di dalamnya. Untuk bisa melakukan perawatan yang maksimal, maka kita harus mengenal berbagai jenis cairan yang dibutuhkan oleh mobil.

jenis cairan mobil

Setiap cairan di dalam mobil memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Kita harus memastikan bahwa mobil tidak kekurangan cairan karena jika itu terjadi dapat mengganggu komponen mobil yang lain. Akhirnya, performa mobil pun dapat bermasalah atau bahkan bisa mengalami kerusakan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengenal berbagai jenis cairan tersebut.

Jenis Cairan Mobil yang Harus Anda Ketahui

1. Oli mesin
Pengecekan oli harus dilakukan secara rutin agar tidak mengganggu kinerja mesin. Beberapa hal yang perlu dicek antara lain ketinggian oli dan warna oli. Pastikan jika oli berada di antara batas maksimum dan minimun, sedangkan untuk warna oli yang menghitam maka harus segera diganti.

2. Air radioator
Anda perlu melakukan pengecekan dengan melihat langsung oli mesin di dalam tangki cadangan. Hal ini penting karena jika mobil mengalami kekurangan air radiator bisa membuat mesin panas berlebih atau overheating.

3. Air aki
Disarankan untuk melakukan pengecekan air aki 2 minggu sekali untuk memastikan ketinggian cairan aki agar tidak kekurangan yang bisa membuat mesin tidak dapat menyala.

4. Minyak rem
Minyak rem yang sudah mencapai batas minimum dan lampu pada indikator rem parkir menyala, maka tandanya, Anda harus segera mengganti agar tidak terjadi rem blong.

5. Air wiper
Wiper yang kekurangan air dapat merusak permukaan kaca sehingga pastikan jika cairan ini selalu tersedia.

6. Minyak power steering
Kekurangan minyak ini dapat merusak power steering, sehingga pastikan jika cairan selalu tersedia dan meluruskan roda depan sebelum mesin dimatikan.

7. Oli gardan
Jika terjadi kebocoran atau habis pada komponen gardan, hal ini bisa membuat komponen mengalami kerusakan serius. Jadi perhatikan benar ketersediaan oli ini.

8. Oli transmisi matic
Apabila Anda membiarkan transmisi matic mengalami kekurangan oli, maka akan mengganggu penyaluran tenaga dan kecepatan mesin. Selain itu, komponen transmisi akan mudah rusak dan aus jika tidak segera dilakukan pengisian atau penggantian oli transmisi.

Pentingnya Melakukan Pengecekan dan Perawatan Mobil

Jenis cairan di atas hanyalah sebagian dari komponen yang penting untuk diperhatikan. Mobil memiliki berbagai macam komponen dengan fungsinya masing-masing. Sehingga Anda harus menjaganya agar tidak mengganggu performa atau kinerja mobil.

Apabila terjadi kerusakan atau ada yang aneh dari setiap fungsinya maka Anda harus segera melakukan pengecekan da perawatan. Langsung saja kunjungi dealer Suzuki di Karawaci yang akan mengecek seluruh komponen beserta jenis cairan mobil. Sehingga mobil bisa bekerja secara optimal dan nyaman digunakan.

Mobil Terbaru

Best Seller

Related Article Mengenal Jenis Cairan Mobil untuk Performa yang Lebih Optimal

Kamis 14 Maret 2019 | Lain - Lain

Tips aman berkendara tentu sangat dibutuhkan terlebih jika Anda adalah seorang pemula. Ketika Anda seorang pemula yang baru ingin mencoba untuk mengendarai kendaraan Anda sendiri,…

Selasa 12 Maret 2019 | Lain - Lain

Tips merawat mobil Suzuki berarti menjaga mobil agar selalu dalam keadaan sehat dan terawat dengan baik. Anda bisa mendapatkan mobil dalam keadaan yang terbaik, apabila…

Selasa 26 Februari 2019 | Lain - Lain

Di internet ada banyak sekali referensi mengenai cara merawat mobil Ertiga dengan baik dan benar supaya performanya tidak menurun. Bukan tanpa alasan, Suzuki Ertiga sebagai…