PT. INDOMOBIL MULTI TRADA - KARAWACI

Jln. Raya Binong No 9 Binong - Tangerang 15810

Menu

Bahayakah Menggunakan Air Biasa untuk Radiator Mobil? Ini Penjelasannya!

Senin, Maret 18th 2019.

Apakah berbahaya apabila anda menggunakan air biasa untuk radiator mobil? Mungkin inilah beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh sebagian pemilik mobil. Memperhatikan air yang digunakan pada radiator mobil anda memang penting untuk dilakukan. Mengingat fungsi radiator yang cukup penting pada komponen mobil. Apabila anda ingin mesin kendaraan anda awet maka salah satu caranya adalah dengan merawat radiator mobil anda.

air biasa untuk radiator mobil

Apa Itu Radiator?

Radiator banyak ditemukan di berbagai mesin di sekitar kita. Fungsi radiator yang paling penting adalah berguna untuk mendinginkan mesin, baik untuk mesin kendaraan roda dua atau empat. Mesin terus melakukan pembakaran akan cepat rusak apabila tidak didinginkan. Sistem kerja radiator ini adalah dengan mengalirkan panas dari blok pembakaran ke sistem pendingin melalui pipa yang berisi air radiator. Keberadaan radiator ini penting karena membantu proses pembakaran pada mesin menjadi lebih optimal.

Untuk berfungsi optimal, tentunya pipa radiator harus diisi dengan cairan yang sesuai. Sebenaranya air radiator yang baik adalah dengan menggunakan coolant. Coolant merupakan cairan khusus yang digunakan untuk mengalirkan panas melalui pipa. Kandungan dalam coolant sangat baik untuk mendinginkan mesin. Cairan inilah yang paling cocok untuk mengisi radiator mesin mobil anda agar tidak merusak komponen-komponen radiator. Oleh kareana itu, sebelum terlambat segeralah mengganti air radiator mobil anda.

Menggunakan Air Biasa untuk Radiator Mobil

Menggunakan air biasa untuk radiator mobil ternyata mempunyai dampak buruk bagi komponen radiator mobil anda. Dampak dari penggunaan air biasa adalah dapat membuat radiator menjadi berkarat. Air biasa tidak mempunyai kandungan antikorosi. Air biasa terkadang mengandung kadar asam tinggi yang dapat membuat radiator cepat berkarat, bergantung dari kualitas air yang digunakan. Kandungan asam yang tinggi akan mempercepat terjadinya korosi.

Selain itu, air biasa kurang baik dalam proses menghantarkan panas dari blok mesin ke sistem radiator. Terlebih dengan keadaan radiator yang berkarat akibat penggunaan air yang banyak mengandung asam. Kerja pendinginan radiator tentunya menjadi kurang maksimal. Sehingga membuat mesin kendaraan cepat panas. Lambat laun mesin yang cepat panas juga akan memperpendek usianya. Mesin kendaraan menjadi cepat rusak.

Segeralah ganti air radiator anda. Sebelumnya, pastikan untuk membersihkan semua air yang ada di radiator terlebih dahulu. Meskipun harganya lebih mahal, tetapi manfaat yang didapat juga akan lebih banyak. Selalu pergunakan bahan-bahan yang berkualitas untuk mobil anda agar dapat tahan lama. Seperti halnya kami, dealer Suzuki Karawaci yang akan selalu memberikan pelayanan berkualitas kepada anda. Semoga artikel mengenai bahaya menggunakan air biasa untuk radiator mobil ini dapat bermanfaat untuk anda.

Mobil Terbaru

Best Seller
Best Seller

Related Article Bahayakah Menggunakan Air Biasa untuk Radiator Mobil? Ini Penjelasannya!

Kamis 7 Maret 2019 | Lain - Lain

Selain bagian eksterior yang terlihat dari luar, mesin mobil Suzuki yang tersembunyi di bawah kap mobil Anda pun perlu selalu dibersihkan. Namun, bagi pemilik mobil…

Sabtu 7 Juli 2018 | Berita & Promo Suzuki, Lain - Lain

Tips┬áCermat Membeli Mobil Baru Membeli mobil bukanlah hal yang sulit, anda cukup mendatangi showroom, pameran ataupun berkunjung ke website marketing untuk mendapatkan informasi mobil dan…

Pasar Otomotif saat ini akan meramaikan salah satu pabrikan otomotif roda empat dari Suzuki. Yang mana Crossover Suzuki Ignis ini akan menambah kelengkapan yang sebelumnya…